Wednesday, March 2, 2016

RPP Mapel SKI kelas XII



 RPP Mapel SKI kelas XII
 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  ( RPP)
                                   
Satuan Pendidikan                     : MAN
Mata pelajaran                          : Sejarah kebudayaan islam
Kelas/Semester                         : XII / I
Alokasi waktu                             : 10 x 45 menit
               

I. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong-royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

II. KOMPETENSI DASAR
1.1 Meyakini bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim.
1.2 Meneladani perilaku sabar Rasulullah saw. pada saat menghadapi ber bagai
intimidasi masyarakat Quraisy di Mekah.
1.3 Meneladanai sikap istiqamah Rasulllah saw. dalam melaksanakan beribadah
3.1 Memahami sistem peribadatan bangsa Quraisy sebelum Islam.

III. INDIKATOR
1. Menjelaskan agama dan kepercayaan serta peradaban manusia sebelum
masa ke-Rasulan Muhammad saw
2. Mengidentifikasi Keadaan Masyarakat Arab menjelang ke-Rasul-an Muhammad
saw.
3. Mengidentifikasi Keadaan Sosial Budaya Masyarakat Arab.
4. Mengidentifikasi Penghargaan Masyarakat Arab Terhadap Kaum Wanita.
5. Mengidentifikasi ibrah/pembelajaran dari peradaban bangsa arab dan dunia
sebelum islam.

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan
peserta didik diharapkan dapat memahami peradaban bangsa arab
sebelum Islam.
V. MATERI POKOK
Peradaban Bangsa Arab Sebelum Islam
1. Materi Fakta
a. Berikan arahan kepada peserta didik untuk mengamati gambar yang
disediakan pada judul A. Mari Mengamati!
b. Berikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengemukakan
pendapatnya pada kotak yang telah disediakan.
c. Berikan kesempatan kepada peserta didik untuk merenung sejenak
dalam rubrik C. Mari Merenungkan!
2. Materi Konsep
a. Jelaskan peta konsep secara singkat dan jelas kepada peserta didik.
b. Berikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksploitasi pengetahuan
mereka melalui rubrik D. Mari Tambah Wawasan Kamu!
dengan berdiskusi.
c. Jelaskan poin-poin materi yang akan dibahas.

Peradaban Bangsa Arab Sebelum Islam

1. Sistem Peribadatan Bangsa Quraisy Sebelum Islam
Pada permulaanya bangsa Arab Quraisy telah mengikuti dan meyakini
ajaran agama Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yaitu agama Hanifiyah,
hanif”artinya yang benar dan lurus. Karena itu sejak dulu, ajaran tauhid
sudah mengakar di hati masyarakat Arab. Pembauran dan pergaulan den
gan bangsa lain mempengaruhi kepercayaan mereka, tetapi seiring berjalannya
waktu, ajaran tersebut mengalami perubahan, penambahan dan
pengurangan yang dilakukan oleh para pengikutnya yang tidak bertanggung
jawab. Kemudian muncul berbagai ajaran yang meragukan dan akhirnya
jatuh menjadi penyembah berhala yang dibawa oleh Amr bin Luay
al-Khuzai.

2. Keadaan Sosial Masyarakat Quraisy Sebelum Islam

Keadaan sosial ekonomi masyarakat Arab sangat dipengaruhi oleh kondisi
dan letak geografisnya. Bagian tengah Jazirah Arab terdiri dari tanah pegunungan
yang tandus. Oleh sebab itu, banyak penduduk yang hidupnya
tidak menetap, mereka tinggal di pedalaman, yaitu masyarakat Badui, yang
mata pencahariannya beternak. Mereka berpindah-pindah dari satu lembah
ke lembah yang lain mencari rumput untuk hewan ternaknya. Bidang pertanian
dikerjakan oleh suku-suku yang bertempat tinggal di daerah-daerah
subur, terutama mereka yang mendiami daerah subur di sekitar Oase seperti
Thaif . di tempat ini mereka menanam buah-buahan dan sayur-sayuran.

VI. PROSES PEMBELAJARAN

a.      Pendahuluan.

1. Ucapkan salam dan berdoa bersama.
2. Periksalah kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk peserta
didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3. Sapalah peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
4. Sampaikan tujuan pembelajaran.
5. Gunakan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di
papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca),
atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media
lainnya.
6. Untuk menguasai kompetensi ini gunakan salah satu model pembelajaran
yang cocok di antaranya model JigSaw. (Tim Ahli) .

b.      Pelaksanaan/ Kegiatan Inti

Ekplorasi

1. Ajaklah peserta didik mengamati gambar materi fakta.
2. Ajukan pertanyaan secara komunikatif tentang gambar materi fakta
pada rubrik A. Mari Mengamati!
3. Berikan kesempatan kepada peserta didik untuk memberikan pendapatnya
pada rubrik B. Mari Bertanya!
4. Jelaskan secara singkat tentang peta konsep yang ada.
Elaborasi (lihat rubrik C. Mari Tambah Wawasan Kamu dan Mari
Berdiskusi!)
1. Kelompokkan peserta didik ke dalam 4 anggota tim.
2. Berikan materi yang berbeda pada setiap siswa dalam tim.
3. Tiap siswa dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan.
4. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub
bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk
mendiskusikan sub bab mereka.
5. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok
asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang
sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan
dengan sungguh-sungguh.
6. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi.
7. Berikan penialaian psikomotorik setiap kelompok diskusi.

Konfirmasi (lihat rubrik F. Menghubungkan dan Menalar! Dan G. Mari
Bercerita!)
1. Berikan penilaian afektif setiap kelompok.
2. Berikan evaluasi dan kesimpulan dari materi yang dibahas.
3. Berikan penghargaan kepada kelompok yang lain terbaik hasil diskusinya.

c.       Penutup

1. Ajaklah peserta didik untuk merenung sejenak (lihat rubrik H. Mari
Merenung Sejenak! Dan I. Mari Mere􀃀eksi Diri)
2. Ajaklah peserta didik merencanakan suatu kegiatan sebagai penilaian
psikomotirik. (lihat rubrik J. Rencanakanlah Aksimu!)
3. Ajaklah peserta didik menggali ibrah/pembelajaran dari mempelajari
materi peradaban bangsa Arab dan dunia sebelum Islam (Lihat rubrik
K. Mari Mengambil Ibrah!), antara lain:
a. Menjauhkan diri dari perbuatan syirik.
b. Tidak melanggar norma sosial dan agama.
c. Giat bekerja dalam memenuhi kebutuhan hidup.
d. Pengembangan intelektual sesuai norma agama.
e. Allah menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku
untuk saling mengenal.
f. Toleransi antar pemeluk agama lain demi terciptanya kehidupan sosial
yang damai, tentram dan beradab.
g. Mengenal berbagai macam peradaban besar dunia yang muncul
sebelum kedatangan Islam.
h. Mengetahui peristiwa-peristiwa penting yang terjadi sebelum kelahiran
Nabi Muhammad saw.
4. Ajaklah peserta didik untuk membaca rangkuman di rumah dalam
rubrik L. Mari Baca Rangkuman Ini!
5. Guru memberi penilaian kognitif pada rubrik M. Mari Asah Kompetensi
Kamu!
VII. PENILAIAN
A.    Penilaian Hasil Belajar.
1.      Jenis/teknik Penilaian
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes lisan/tes tertulis
Teknik
BentukInstrumen
   Pengamatan Sikap
   Lembar Pengamatan Sikap (Observasi)
   Tes Unjuk Kerja
   Lembar Pengamatan kerja kelompok dan Pengamatan Presentasi
   Portofolio
   Panduan Penyusunan Portofolio
   Tes Tertulis/Lisan
   Tes Uraian

2.      Bentuk instrument dan instrument
a.    Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab dan kerjasama.
b.   Instrumen kinerja kelompok dan presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
c.    Instrumen laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
d.   Instrumen tes menggunakan tes tertulis/lisan uraian dan/atau pilihan ganda

a.   Lembar pengamatan sikap (Observasi)
No

S i k a p


N a m a
Keterbukaan
Ketekunan belajar
Kerajinan
Tenggang rasa
Kedisiplinan
Kerjasama
Ramah dengan teman
Hormat pada  orangtu
Kejujuran
Menepati janji
Kepedulian
Tanggung jawab
1.













2.













3.













4.













Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5.
∑ Skor Perolehan
Nilai= ------------------------ x 100
Skor Maksimal

1 = sangat kurang
2 = kurang konsisten
3 = mulai konsisten
3  = konsisten
5 = selalu konsisten

b.   Lembar pengamatan kerja kelompok
No
Nama Siswa
Aspek Pengamatan
Jumlah Skor
Nilai
Ket
Kerja sama
Mengkomunikasikan pendapat
Toleransi
Keaktifan
Menghargai pendapat teman
1.









2.









3.









4.









Keterangan Skor:                                           Kriteria Nilai
∑ Skor Perolehan
Nilai= ------------------------ x 100
Skor Maksimal

4 = Baik sekali                                                 A = 80 – 100   Baik Sekali
3 = Baik                                                           B = 70  - 79     Baik
2 = Cukup                                                        C= 60 -  69     Cukup
1 = Kurang                                                       D = < 60         Kurang

c.    Lembar Pengamatan Presentasi
No
Nama Siswa
Aspek Pengamatan
Jumlah Skor
Nilai
Ket
Komunikasi
Sistematika penyampaian
Wawasan
Keberanian
Antusias
Gesture dan penampilan
1.










2.










3.










4.











∑ Skor Perolehan
Nilai= ------------------------ x 100
Skor Maksimal

Keterangan Skor:                                           Kriteria Nilai
4 = Baik sekali                                                 A = 80 – 100   Baik Sekali
3 = Baik                                                           B = 70  - 79     Baik
2 = Cukup                                                        C= 60 -  69     Cukup
1 = Kurang                                                       D = < 60         Kurang

 

d.   Lembar penilaian laporan portofolio
No
Nama Peserta didik
Aspek Penilaian
Skor rata-rata

Nilai
Tampilan       
Kelengkapan
Tata Bahasa
Jawaban Pertanyaan
1.
A
3
4
4
3
3,50
87,5
2.
dst.






3.







4.







5.







Keterangan Skor:                                           Kriteria Nilai
∑ Skor Perolehan
Nilai= ------------------------ x 100
Skor Maksimal

4 = Baik sekali                                                 A = 80 – 100   Baik Sekali
3 = Baik                                                           B = 70  - 79     Baik
2 = Cukup                                                        C= 60 -  69     Cukup
1 = Kurang                                                       D = < 60         Kurang




Mengetahui,                                                                            Pangkalan Balai,      Juli 2014
Kepala Sekolah                                                                       Guru Bidang Studi

No comments:

Post a Comment