Saturday, February 6, 2016

Prota mapel Aqidah Akhlak Kelas X semester 1 dan 2 K-13



Prota mapel Aqidah Akhlak Kelas X semester 1 dan 2 K-13


PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran                        : Aqidah Akhlak
Satuan Pendidikan                  : MAN
Kelas /Semester                       : X / I & II
Tahun Pelajaran                       : ..............................

SMT
NO
KOMPETENSI INTI
JML
JAM
KOMPETANSI DASAR
ALOKASI WAKTU
I
1
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

1.1. Meyakini  kesempurnaan akidah Islam
1.2. Meyakini ajaran tauhiid dalam kehidupan sehari-hari
1.3 Menghayati akhlak Islam dan metode peningkatan kualitasnya
1.4. Menghayatinilai akhlak terpuji (hikmah, iffah, syaja’ah dan ‘adalah)
1.5. Menunjukkan sikap penolakan terhadap akhlak tercela (hubbun-dun-ya, hasad, kibr-ujub, riya`)
1.6. Menghayati makna syukur, qana’ah, rida dan sabar
1.7. Menghayatiadab kepada orang tua dan guru
1.8  Menghayatikisah keteladanan Nabi Yusuf as


2
Menghayati dan mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun,  responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

2.1. Memiliki akidah yang kokoh dalam kehidupan sehari-hari
2.2. Terbiasa ber-tauhiid dalam kehidupan sehari-hari
2.3. Terbiasa menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam kehidupan
2.4. Membiasakan akhlak-akhlak terpuji  (hikmah, iffah, syaja’ah dan ’adalah) dalam kehidupan
2.5. Menghindarkan diri dari sifat-sifat buruk (hubbun-dun-ya, hasad, kibr-ujub, riya`)
2.6. Terbiasa bersyukur, qana’ah, rida dan sabar dalam kehidupan
2.7. Terbiasaberakhlak terpuji kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
2.8   Meneladani sifat-sifat utama nabi Yusuf as

3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
6 JP
3.1. Menganalsis akidah Islam dan metode peningkatan kualitasnya
3.2. Menganalisi konsep tauhiid dalam Islam
3.3. menganalisis akhlak Islam dan metode peningkatan kualitasnya
3.4. Menganalisis induk-induk akhlak terpuji (hikmah, iffah, syaja’ah dan ‘adalah)
3.5. Menganalisisinduk-induk akhlak tercela (hubbun-dun-ya, hasad, kibr-ujub, riya`)
3.6. Menganalisis makna syukur, qana’ah, rida dan sabar
3.7. Memahami adab kepada orang tua dan guru
3.8  Menganalisiskisah keteladanan Nabi Yusuf as
4 JP

6 JP

6 JP

4 JP


4 JP


4 JP

4 JP

6 JP

4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4JP
4.1. Mempraktikkan metode-metode  peningkatan kualitas iman/ akidah islamiyah
4.2.  menunjukkan contoh prilaku bertauhiid dalam Islam
4.3. Mempraktikkan metode-metode  peningkatan kualitas akhlak dalam Islam
4.4. Mempraktikan contoh akhlak  yang baik (hikmah, iffah, syaja’ah dan ‘adalah)
4.5.  menunjukkan contoh-contoh akhlak tercela (hubbun-dun-ya, hasad, kibr-ujub, riya`)
4.6. Menunjukkancontoh perilaku bersyukur, qana’ah, rida dan sabar
4.7. Mensimulasikam adab kepada orang tua dan guru
4.8. Menyajikan sinopsis kisah keteladanan Nabi Yusuf as
4 JP


6 JP

6 JP


4 JP


4 JP


4 JP

4 JP

6 JP






SMT
NO
KOMPETENSI INTI
JML
JAM
KOMPETANSI DASAR
ALOKASI WAKTU
II


1
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

1.1. Menunjukkan sikap penolakan terhadap perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari
1.2 Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, an-Naf’i, al Basith, al-Hafidz dan al-Akhiir
1.3 Menghayati perilaku husnuzh-zhan, ar Raja’   dan taubat.
1.4.Menunjukkan sikap penolakan terhadap perilaku licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
1.5. Menghayati akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
1.6 Menghayati keutamaan dan keteguhan Nabi-nabi Ulul Azmi

2
Menghayati dan mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun,  responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

2.1. Menghindari perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari
2.2.Membiasakan diri untuk meneladani sifatal-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, an-Naf’i, al Basith, al-Hafidz dan al-Akhiir;
2.3.Terbiasa berperilaku husnuzh-zhan, ar Raja’   dan taubat.
2.4.Menghindari perilaku licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
2.5.Membiasakan akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
2.6 Meneladani keutamaan dan keteguhan Nabi-nabi Ulul Azmi

3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.1. Menganalisis perbuatan syirik dan macam-macam dan cara menghindarinya
3.2. Menganalisismakna 10 Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, an-Naf’i, al Basith, al-Hafidz dan al-Akhiir;
3.3. Memahami pengertian dan pentingnya memiliki akhlak husnuzh-zhan, Raja’  dan taubat.
3.4. Memahami pengertian dan pentingnya menghindari licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
3.5. Memamhami  adab islami ketika membesuk orang sakit
3.6  Menganalisis kisah keteguhan Nabi-nabi Ulul Azmi
6 JP


6 JP




10 JP


8 JP


6 JP

4 JP

4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

4.1.     Menyajikan contoh praktik-praktik perbuatan syirik di masyarakat
4.2.     Menghafalkan lafal asmaul husna
4.3.     Melafalkan do’a-do’a taubat dari Al Qur’an dan Al Hadits
4.4.     Menceritakan bahaya dari akhlak tercela: licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
4.5.     Mempraktikan contoh akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
4.6.     Mencerikatan Kisah keteguhan Nabi-nabi Ulul Azmi
6 JP

6 JP
10 JP

8 JP


6 JP


4 JP


Pangkalan Balai, ...........................
Mengetahui,                           
Kepala Madrasah                                            Guru Mata Pelajaran



          ................................                                          ..............................

No comments:

Post a Comment