PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Satuan
Pendidikan : MAN
Kelas /Semester : X / I & II
Tahun Pelajaran
: ..............................
SMT
|
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
JML
JAM
|
KOMPETANSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
I
|
1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
|
1.1. Meyakini kesempurnaan akidah
Islam
1.2.
Meyakini ajaran tauhiid dalam
kehidupan sehari-hari
1.3
Menghayati akhlak Islam dan metode peningkatan kualitasnya
1.4.
Menghayatinilai akhlak terpuji (hikmah,
iffah, syaja’ah dan ‘adalah)
1.5. Menunjukkan sikap penolakan
terhadap akhlak tercela (hubbun-dun-ya, hasad,
kibr-ujub, riya`)
1.6.
Menghayati makna syukur, qana’ah, rida dan sabar
1.7. Menghayatiadab kepada orang tua dan guru
1.8 Menghayatikisah keteladanan Nabi Yusuf as
|
|
2
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai)
santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
|
2.1. Memiliki akidah yang
kokoh dalam kehidupan sehari-hari
2.2. Terbiasa ber-tauhiid
dalam kehidupan sehari-hari
2.3. Terbiasa menerapkan
metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam kehidupan
2.4. Membiasakan
akhlak-akhlak terpuji (hikmah, iffah,
syaja’ah dan ’adalah) dalam kehidupan
2.5. Menghindarkan diri dari sifat-sifat
buruk (hubbun-dun-ya, hasad, kibr-ujub, riya`)
2.6. Terbiasa bersyukur,
qana’ah, rida dan sabar dalam kehidupan
2.7. Terbiasaberakhlak
terpuji kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
2.8 Meneladani sifat-sifat utama nabi Yusuf as
|
|
|
3
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
6 JP
|
3.1. Menganalsis akidah Islam dan metode peningkatan
kualitasnya
3.2. Menganalisi konsep tauhiid dalam Islam
3.3. menganalisis akhlak Islam dan metode
peningkatan kualitasnya
3.4. Menganalisis induk-induk akhlak terpuji (hikmah,
iffah, syaja’ah dan ‘adalah)
3.5. Menganalisisinduk-induk akhlak tercela (hubbun-dun-ya, hasad,
kibr-ujub, riya`)
3.6. Menganalisis makna syukur, qana’ah, rida dan sabar
3.7. Memahami adab kepada orang tua dan guru
3.8
Menganalisiskisah keteladanan Nabi Yusuf as
|
4 JP
6 JP
6 JP
4 JP
4 JP
4 JP
4 JP
6 JP
|
|
4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4JP
|
4.1. Mempraktikkan
metode-metode peningkatan kualitas
iman/ akidah islamiyah
4.2. menunjukkan contoh prilaku bertauhiid dalam
Islam
4.3. Mempraktikkan
metode-metode peningkatan kualitas
akhlak dalam Islam
4.4. Mempraktikan contoh
akhlak yang baik (hikmah, iffah,
syaja’ah dan ‘adalah)
4.5. menunjukkan contoh-contoh akhlak tercela (hubbun-dun-ya, hasad, kibr-ujub, riya`)
4.6. Menunjukkancontoh
perilaku bersyukur, qana’ah, rida dan sabar
4.7. Mensimulasikam adab kepada orang tua dan guru
4.8. Menyajikan sinopsis kisah keteladanan Nabi
Yusuf as
|
4 JP
6 JP
6 JP
4 JP
4 JP
4 JP
4 JP
6 JP
|
SMT
|
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
JML
JAM
|
KOMPETANSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
II
|
1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
|
1.1. Menunjukkan sikap penolakan
terhadap perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari
1.2
Menghayati nilai-nilai yang
terkandung dalam 10 Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil,
al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, an-Naf’i, al Basith, al-Hafidz dan al-Akhiir
1.3 Menghayati perilaku husnuzh-zhan, ar Raja’ dan taubat.
1.4.Menunjukkan sikap penolakan terhadap
perilaku licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
1.5. Menghayati akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang
sakit
1.6 Menghayati
keutamaan dan keteguhan Nabi-nabi Ulul
Azmi
|
|
2
|
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai)
santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
|
2.1. Menghindari perbuatan syirik
dalam kehidupan sehari-hari
2.2.Membiasakan diri untuk
meneladani sifatal-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’,
al-‘Adl, an-Naf’i, al Basith, al-Hafidz dan al-Akhiir;
2.3.Terbiasa berperilaku husnuzh-zhan,
ar Raja’ dan taubat.
2.4.Menghindari perilaku licik,
tamak, dzalim dan diskriminasi
2.5.Membiasakan akhlak (adab) yang
baik ketika membesuk orang sakit
2.6 Meneladani keutamaan dan keteguhan
Nabi-nabi Ulul Azmi
|
|
|
3
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
3.1. Menganalisis perbuatan
syirik dan macam-macam dan cara menghindarinya
3.2. Menganalisismakna 10 Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, an-Naf’i, al Basith, al-Hafidz dan
al-Akhiir;
3.3. Memahami pengertian
dan pentingnya memiliki akhlak husnuzh-zhan,
Raja’ dan taubat.
3.4. Memahami pengertian dan
pentingnya menghindari licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
3.5. Memamhami adab islami ketika membesuk orang sakit
3.6 Menganalisis
kisah keteguhan Nabi-nabi Ulul Azmi
|
6 JP
6 JP
10 JP
8 JP
6 JP
4 JP
|
|
4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
4.1. Menyajikan contoh
praktik-praktik perbuatan syirik di masyarakat
4.2. Menghafalkan lafal asmaul
husna
4.3. Melafalkan do’a-do’a
taubat dari Al Qur’an dan Al Hadits
4.4. Menceritakan bahaya dari
akhlak tercela: licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
4.5. Mempraktikan contoh
akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
4.6. Mencerikatan Kisah
keteguhan Nabi-nabi Ulul Azmi
|
6 JP
6 JP
10 JP
8 JP
6 JP
4 JP
|
Pangkalan
Balai, ...........................
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
................................ ..............................
No comments:
Post a Comment