Thursday, February 4, 2016

Resume (IMAM BUKHARI DAN IMAM MUSLIM)


Resume (IMAM BUKHARI DAN IMAM MUSLIM)
 
IMAM BUKHARI DAN IMAM MUSLIM

1.   Imam Bukhari
Nama asli imam bukhari ialah muhammad bin ismail.sedang datuknya bernama ibrahim. Panggilan ( kunyah ) nya abu abdullah. Dilahirkan pada hari jum’ah pada tanggal 13 syawal tahun 1194 H. Di bukhara dari tempat kelahiran ini lah ia dinisbatkan. Untuk selanjutnya dimasyhurkan dengan nama bukhari. Meninggal di kharantak daerah samarkan pada  malam sabtu sesudah ahalat isya’. Bertepatan pada malam idul fitri dimakamkan pada hari raya idul fitri sesudah shalat dzuhur tahun 256 H jadi, usianya 62 tahun kurang 13 hari menurut perhitungan tahun hijriyah.
Beliau mulai belajar hadis sejak dibawah usia 10 tahun pada tahu 210 dan mendengarnya lebih dari 1000 orang guru. Beliau hapal sebnyak 100.000 buah hadis shahih dan 200.000 buah hadis yang tidak shahih.1 Diantaranya yang shahih dimasukkan kedalam kitab shahihnya dan beliaulah pertama kali yang menghimpun hadis ahahihke dalam sebuah buku yang diberi nama al-jami’ Ash-Shahih  li Al-bulhari. Buku ini ditulis selama  16 tahun yang beliau dengar dari lebih 70.000 perawi melalui penelitian yang tekun  dan berhati-hati kemudian diajukan ke hadapan para gurunya di antaranya Imam ahmad, yahya bin ma’in, Ali Al- madini, dan lain-lain.mereka menilai keshohianya. Setiap akan menulisbeliau mandi dan shalat istikharah 2 rakat terlebih dahulu dan tidak menulisnya kecuali hadis dan shahih, sanad yang mustahil dan para perawinya telah memenulis memenuhi syarat keadilan dan ke-dhabith-an. Buku ini di tulis   urut sebagian ulama berisikan 7.397 buah hadis shshih memasukan hadis shahih yang berulang-ulang atau 2.067 buah hadis shahih tanpa berulang-ulang.2
[1][1]


Kitab Al-Jami’ ini diberikan banyak syarah oleh para ulama, dalam kitab kasyf azh-zhumun disebutkanmencapai 82 kitab syarah yang paling menonjol adalah ibnu hajar al-asqolaniyan yang diberi nama fath Al-bari, syarah al-qothalani yang diberi nama irsyad As-Sari, syar syarah al-aini yang diberi nama ‘Iumdah Al-Qori. Banyak sekali tulisan al-Bukhari selain al-Jami’ diantaranyatiga kitab At-Tharikh yaitu al-kabir, Al-Awsath, dan Ash-ashghor, kitab al-kuna, kitab al-wudhan, dan kitab al-Adad  Al-Mufradat.

Kederdasan dan kekuatan hafalanya
          Oleh Allah iamam bukhari diberi karunia kekuatan ingatan dan kecerdasan serta ketelitian yang cukup hebat, khususnya yang berkaitan dengan hapalan hadist. Dalam hal ini ia memiliki nilai lebih dari manusia lainya. Sehingga banyak ulama yang menyatakan ketakjupanya berkata abu bakarAl-kaludzani tentang bukhari, “ saya tidak pernah melihat orang seperti muhammad bin isma’il. Ia mengambil ilmu dari suatu kitab, sekali di tela’ahnaya, ia dapat hapal seluruh hadis yang ada “kata muhammad bin abi Hatim, penulis bukhari, “saya pernah bertanya kepada abu abdullah, muhammad bin ismail, (apakah) engkau hapal semua apa yang engkau susun di dalam kitab? “jawabnya, “tidak ada yang tersembunyi pada saya semua yang terdapat di dalamnya” kata muhammad bin hamdawiyah,”saya pernah mendengar bukhari berkata,”saya hapal 100.00 yang shahih dn 200.000 hadist yang tidak shahih”

Penilaian positif terhadap bukhari
        Kesuksesan bukhari dalam mengahadapi ujian yang  dibuat para ulama baghdad tersebut, merupakan bukti yang sulit untuk didustakan ats kejeniusan bukhari di bidang hadis dan ilmunya. sebagai pandangan pasitif terhadap bukhari dibidang almu hadist yang dikuasai, kiranya layak kalau dikutipka beberapa pendapat ulama tentang dirinya.



·                  Kata Imam Tirmidzi:” tatkala muhammad bin ismail ada disisi abdulla munir. Ia berkata kepada bukhari saat ia berdiri  “Hal abu abdullah (maksudnya bukhari –red) mudah-mudahan allah menjadikan engkau hiasan umat ini, maka Allah telah memperkenankanya.”
·                  Kata Yahya bin Ja’far Al-Baikindi : ”sekiranya saya mampu menambahkan umurku kepada umurnya muhammad bin ismail. Niscaya saya lakukan . karena kematianku itu hanya merupakan kematian seorang laki-laki. Sedang kematian muhammad bin isma’il padanya mengandung perginya ilmu.
·                  Kata Raja bin Raja’: “Ia( Buhari –Red) adalah suatu tanda dan tanda-tanda kebesaran Allah yang  berjualan diatas daratan bumi.”
·                  Kata Imam Ibnu Khuzaimah: “saya tidak pernah melihat dibawah kolong langit orang yangleih tahu hadist rosullulah Saw. Dan lebih hapal baginya dari pada muhammad bi isma’il”
·                  Kata Hafidz Dzahabi: “ ia (bukhari) seorang yang berkemuka dalam kecerdasanya, menonjol ilmunya , kedepan tentang kealiman dan ibadahnya.”
·                  Kata Abu Abdullah Hakim: “ ia (Bukhari) seorang imam ahli hadist tanpa diperselisihkan dikalangan ahli riwayat.”
·                  Kata  Muhammad bin Ya ‘kub:” Saya pernah mendengr sahabat-sahabatku berkata, tatkala bukhari datang ke naisabur, ia telah disambut 4000 orang berkendaraan kuda, selain itu banyak orang berkendaraan khimar dan jalan kaki.
Selain itu diantara kelebihan daya ingat (dhabit) dan kecerdasan apasangan sanad hadist pada matan yang sengaja diacak (hadis maqlub)oleh 10 ulama baghdad dalam rangka menguju kapabilitas daya ingat dan intelektual al-bukhori dalam periwayatan hadist.
[2][2]



Kritik hadist terhadap riwayat bukhari
Imam daruquthi dan iman ahli hadist lainya telah melakukan kritik terhadap 210 hadist yandg diriwayatkan oleh bukhari dan muslim dalam kedua shahihnya, dengan rincian sebagai berikut: 78 hadist dikeluarkan bukhari tanpa muslim 100 hadist dikeluakan muslim tanpa bukhari. dengan Sedangkan 32 hadist dikeluarkan keduanya. Terhadap kritik yang dilakuka para imam ahli hadist tersebut. Ibnu hajar asqalani didalam muqaddimah fathul bari, dalam suatu pasal khusus telah menjawabnya oleh ibnu hajar hadist-hadist tersebut didatangkan dengan tertib dan dijawabnya secara rinci. Adapun jawaban yang dikemukakan secara rinci, menyangkut beberapa persoalan tentang.
1)     Perbedaan para rawi yang terdapat didalamnya, karena adanya penambahan dan pengurangan rawi yang terdapat dalam isnad.
2)     Perbedaan rawi dengan sebab adanyaperubahan rawi pada sebagian isnadnya
3)     Adanya sebagia rawi yang menyendiri denga suatu tambahan yang terdapat di dalamnya.
4)     Adanya sebagian rawi yang di dla’ifkan oleh sebagian yang lain
5)     Adanya sesuatu yang telah dihukumi ragu oleh sebagian rawi
6)     Adanya sesuatu yang  berbeda dengan lafadz dan sebagian matan nya.

Beberapa kitab susunan bukhari
        Banyak angapan dari mereka yang awam, bahkan dari sebagian kaum terpelajar yang tidak sampai meneruskan diperguruan tinggi islam mengira, bahwa kitab yang disusun bukhari dan muslim itu hanya dikenal dengan shahih bukhari dan shahih muslim.maka perlu di informasikan bebeapa kitab yang disusun bukhari selain kitab shahihnya yang dikenal.Diantaranya
1)     Qadlaya shahabat dan tabi’in
2)     Tarikhul kabir Wal Ausath wal Shagnir
3)     Al-jami’ul  Kabir
4)     Al-Musnaddul kabir
5)     Al-tafsirul kabir
6)     Al-Dlu’afa
7)     Kitabul Hibbah
8)     Kitabul Asyabah
9)     Usamash Shahabah
10) Khalqu af’alul ibad
11) Al-adabul mufrad
12) Raf’ul yadain fish shalat
13) Al-Qira’atul Khulfal Imam
14) Birrul Walidain

Itulah sebagian kitab susunan bukhari selain kitab yang telah  begitu mashur:  jami’ shahih atau shahih bukhari. selebihnya ibnu hajar dalam kitab Muqaddimah Fathul Bari mengemukakanya.
Catatan:
·        Tidaklah semua hadist yang terdapat di dalam kitab  susunan bukhari tersebut mesti shahih. apalagi yang sudah dinyatakan dalam kitab Al-Dlu’afa’.
·        Adapun yang dikeluarkan didalam kitab jami’ shahih, ditinjau dari segi isnadnya berdasarkan syarat-syaratnya lebih dapat dijadikan pegangan.

2.   Imam muslim

Nama lengkapnya adalah abu husain muslim bin Al-hajjaj Al-Qurayssyi An-Naysaburi. Beliau dilahirkan di naisabur pada tahun 204 H/820 M yaitu kota kecil yang terletak di negara iran. beliau salah seorang ahli hadist  terkemuka dan murid al-bukhari. sejak kecil ia belajar hadis kebeberapaguru di berbagai negara antaranya ke hijaz, syam, iraj, mesir, dan lain-lain seperti gurunya al-bukhari an-nawawi berkata :imam muslim seorang yang sangat berhati-hati, teguh pendirian, wara’,   dan makrifah.selain itu apa yand di aksud dengan rumus “mutafaqun alaihi “ yang begitu dikenal dengan nilai hadis tersebut untuk berhujjah. Lain lagi, rasaya cukup banyak yang perlu diketahui dari  dua imam dan dua kitab shahaihnya tersebut.

Di antara buku hadis yang beliau tulis adalah shahih muslim berisi   kan 4000 hadis yang merupakan  hasil penyeleksian  dari 12.000 buah hadis yang di hitung secara berulang,5 atau pendapat lain sebanyak 7,275 buah hadis secara berulang-ulang.6 menurut fuad abdul baqi sebanyak 3.033 buah hadis tanpa diulang . buku itu disusun selama 12 tahun. Shahih al-bukhari dan shahih muslim, keduanya kitab paling shahih setelah al-quran, para ulama menerimanya secara aklamasi (qabul) dan mayoritas mereka menilai al-bukhari lebih ahahih, tapi shahih muslim lebih indah sistematika penulisanya. Imam muslim berkata:” seandainya ahli hadis menulis hadis selama 200 tahun, maka intinya pada kitab shahih-nya.”
          Menurut penilitian  para ulama, persyaratan yang ditetapkan muslim dalam kitabnya pada dasarnya sama dengan penetapan shahih al-bukhari . ibnu ash-shalah mengatakan bahwa persyaratan muslim salam kitab shahihnya adalah:
a.     Hadis itu bersambung sanad-nya
b.     Hadis diriwayatka oleh orang kepercayaan
(tsiqah) dari generasi permulaan sampai akhir.
c.      Terhindar dari shudzuzd dan ilah.
Persyaratan diatas sama juga dipergunakan oleh bukhari, hanya apa yang dimaksud dengan  اتصال السند (bersambung sanad)  ada sedikit perbedaan. Menurut al-bukhari, seorang perawi harus benar-benar bertemuاللقاء) ( dengan memberi hadis kendati hanya sekali. Diantara lambang periwayatanya atau serah terima hadis dengan unakapan
اخبرنا  (memberitakan kepada kami) ,  Ø³Ù…عت (aku mendengar) dan lain-lain.
Perjalanan menurut ilmu
       Muslim mulai terdengar hadist pada tahun 218 H.jadi umunya baru sekitar 15 tahun dalam menuntut ilmu ia mengadakan perjalanan kebeberapa negeri islam. Antara lain ke irak, hijaz, syam dan mesir.[3][3]


Perjalanan menuntut ilmu keberbagainegari tersebut bukan hanya dilakukan sekali, tetapi berurangkali. Akhir kedatanganya ke baghdadpada tahun 259 H. Diberbagai negeri tersebut ia banyak mendengar dan meriwayatkan hadis dari pada jama’ah ahli hadist.
Guru imam muslim
Berikut ini ada baiknya dikemukakan guru muslim beserta jumlah hadist yang diriwayatka dari mereka masing-masing dalam kitab shahihnya.
1.     Abu bakar bin abi syibah                       1540 hadist
2.     Abu khutsaimah zuhair bin harb   1281 hadist
3.     Muhammad bin mutsanna           772 hadist
4.     Qutaibah bin sa’id                                  668 hadist
5.     Muhammad bin abdillah bin numair      573 hadist
6.     Abu kuraib muhammad bin ula’            566 hadist
Muhammad bin basyar                     460 hadist
7.     Muhammad bin rafi’ naisaburi               362 hadist
8.     Muhammad bin hatim                           300 hadist
9.     Ali bin hajar sa’adi                                  188 hadist

Sepuluh guru muslim tersebut, sekaligus juga menjadi guru imam bukhari kecuali muhammad bin hatim. Di dalam kitab shahinya bukhari meriwayatkan langsung dari senbilan guru tersebut. Jadi sembilan guru tersebut sama-sama menjadi guru bukhari dan muslim. Purlu  dimaklumi bahwa muslim banyak mengambil faedah ilmu dari bukhari  disamping periwatan hadist . selain guru tersebut masih banyak guru yag sama-sama menjadi guru bukharidan muslim .7
Murid imam muslim
Sepuluh guru dari sejumlah guru muslim telah disebut, berikut sejumlah hadist merekan masing-masing hadist yang diriwayatkan muslim untuk melengkapi catatan dalam riwayat muslim ini, dirasa erlu dikemukakan sebagian nama dari murid-muridnya. Di antaranya[4][4] 
            
1.     Imam tirmidzi mempunyai kita jami’
2.     Ibrahim bin ishaq
3.     Ibrahim bin abi thalib
4.     Abdurrahman bin abi hatim razi
5.     Abu bakar muhammad bin ishaq bin khuzaumah
6.     Muhammad bin ‘abdan bin humaid
7.     Abu hatim maky bin ‘abdan tamimy
8.     Yahya bin muhammad bin sha’id
9.     Abu fadlal ahmad bin salamah8
Murid muslim yang meriwayatkan  hadist dari padanya cukup banyak, disini kita cukupkan untuk menyebut sembilan sebagai kelengkapan dalam kajian ringkas riwayat muslim.

Kaitan bukhari dan muslim
Seperti telah disebut bahwa muslim banyak mengambil manfaat dari dari ilmu imam bukhari dalam menetapkan periwayatan hadist shahih dan mengetahui hadist nabawi. Sehingga para ulama menyatakan bahwa imam bukhari itu teranggap guru muslim, disamping memang ada periwayatan muslim dan bukhari.berkaitan dengan pengertian ini. Khathib baghdadi di dalam kitab tarikh baghdad, saat mengemukakan tarjamah muslim menyatakan : “yang dilakukan muslim adalah menikuti cara bukhari, ia memperhatikan ilmunya dan menuruti bentuk  yang semisalnya”. Dalam pada itu, saat ibnu hajar mentarjih (menguatkan ) shahih bukhari dari pada shahih muslim menyatakan: “para ulama telah sepakat bahwa bukhari itu lebih kuat tentang berbagai ilmu dan lebih mengetahui berkaitan dengan keahliah hadist dari pada muslim karena sesungguhnya muslim itu adalah muridnya dan mengambil faedah daripadanya serta memenuhi jejeknya.”9)[5][5]
Sekalipun muslim telah dinyatakan sebagai murid bukhari dan telah mengambil banyak faedah berkaitan dengan ilmu dan periwayatan hadist namun di dalam kitabnya, muslim tidak menampilkan periwayatan yang  diriwayatkan bukhari . hal ini nampak didasarkan pada pengertian, antara lain:
1.     Adanya keinginan muslim untuk mencapaiketinggian isnadnya. Dimaklumi banyaknya rawi atau penjaganya periwayatan dalam suatu sanad, akan mengurangkan nilai ketinggian martabatnya.
2.      Kebalikanya sedikitnya rawi atau pendeknya periwayatan dalam suatu sanad, akan menambah ketinggian martabatnya.
3.     Seperti bukhari,muslim pun tidak merasa senang melihat adanya hasil yang diperoleh para ulama sebelunya. Dimana dalam penyusunan hadist antara yang shahih dan yang dhaif di campur menjadi satu, tanpa ada keterangan . berangkat dari pengertian ini, maka usaha muslim dalam penyusunan mengarah kepada pengkhususan hadist yang shahih tanpa hadist dha’if, sebagaimana dijelaskan dalam muqaddimah shahihnya. Ini berarti sama yng diinginkan bukhari.
Pendapat ulama tentang muslim
          Para ulama telah banyak yang mengakui tentang keutamaan atau kelebihan muslim apabila dihadapkan dengan yang lain berkaitan persoalan hadist . ia di  pandang  menduduki tingkatan pada tingkatan yang  tinggi keahlianya dibidang hadist. Oleh karena itu tidak sedikit adanya pendapat ulam aymg bersifat mengukukuhkan statusnya bahwa ia termasuk salah  seorang ulama hadist yang periwayatan hadistnya dapat dijadikan pegangan bagi yang telah dinyatakan shahih . di antara pendapat ulama yang  yang bersifat mengukukuhka dan positif tersebut antara lain
1.     Kata dzahabi:”abu hussain naisabur (maksudnya muslim-red) adalah seorang hafidz (ahli hadist), ia salah seorang yang menjadi rukun-rukun hadist
2.     Kata ibnu abi hatim :”kota kami ini hanya menghasilka tiga ahli hadist;muhammad bin yahya, ibrahim bin abi thalib dan muslim,”
3.     Kata ibnu abi hatim: saya pernah menulis dari padanya (muslim-red) ia seorang kepercayaan dari ulama ahli hadist, lagi ia memiliki pengetahuan tentang hadist.”
4.     Kata bandaru;” huffadz (ulama ahli hadist) itu ada empat zur’ah muhammad bin ismail, darimi dan muslim. “
5.     Kata ibnu ‘uqbah:” sedikit sekali akan terjadi kesalahan bagi muslim tentang rawi-rawi. Karena ssungguhnya ia telah menulis hadist dari arah pengertian."
6.      Kata abu bakar bin jurudi;” muslim bin hajjaj telah menceritakan hadist kepada kami, ia itu adalah orang yang termasuk sadai tentang ilmu.”
7.     Kata ashaq bin mansyur kepada muslim:” kami tidak akan melupakan kebaikan yang Allah telah tetapkan pada mu bagi kaum muslimin.”
8.     Kata imam nawaw:” mereka(para ulama) telah sepakat akan kebesaran, keimanan, ketinggian martabatnya dan keahlianya dibidang ini.”
9.     Kata khalil:” ia itu lebih masyhur dari pada sebutan beberapa keutamaanya.a”

Begitulah beberapa pendapat ulama tentang pandangan positif terhadap imam muslim, berkaitan dengan ilmu khususnya yang berkaitan dengan hadist dan ilmunya.

Babarapa susunan kitab imam muslim
        Telah dimaklumi bahwa imam muslim termasuk salah seorang ulama ahli hadist  . para ulam pun telah sepakat akan keahlianya dibidang ini.diantara beberapa kitab tulisan muslim yang ditemukan para ulama dan dapat diwarisi, sekalipun tidak seluruhnya sampai kepada kita adalah:
1.     Kitab shahih yang dikemudian dikenal dengan shahih muslim.
2.     Kitab musnad kabir’ ala asma’i rijal.
3.     Kitab ‘ilal.i
4.     Kitab auhami muhaddisin.
5.     Kitab tamyiz.
6.     Kitab man laisa lahu illa rawin wahid.
7.      kitab jami’ kabir ‘Alal abwab.
8.     Kitab thabaqad tabi’in.
9.     Kitab mukhdhramin.
10.Kitab asma’ wa kunna.
11.Kitab afrad.
12.Kitaab aqran.
13.Kitab saulatihi ahmad bin hambal.
14.Kitab hadist ‘amru bin syu’aib.
15.Kitab intifa’i bahibu siba’i.
16.Kitab masyaikh syu’bah.
17.Kitab masyaikh tsauri.
18.Kitab auladi sahabat.
19.Kitab afradi syamiyyin.
20.Kiyab masyaikh malik.
21.Kitab tarikh.10
[6][6]

Beberapa kitab tersebut perlu damaklumi, agar tidak ada anggapan bahwa imam muslim hanya memiliki satu kitab shahihnya. Sebagaimana adanya aggapan sebagian yang awam bahwa bukhari juga hanya memiliki kitab shahihnya , seperti telah dikemukakan pada riwayat singkat bukhari. dari semua catatan yang telah disampaikan cukup jelas bahwa bukhari dan muslim memiliki banyak kitab. Bukan hanya masing-masing satu kitab yang dikenal dengan shahih bukhari dan muslim saja. Bukan demikian





[1][1]  Shubhi Ash-Shahih, ulum.....,hal 396.
3 Muhammad bin shahih Al-Utsaimin, MustalahahAl-Hadist,(Riyadh Jamiat Al-iman Muhammad Bin Sa’ud, 1405),hal 57.

4 izat athhiyah et. Al.,  a’lam al- muhaddisin wa munahijuhun fi ar-Riwayah wa al-adad wa ad-dirayah, (cairo : tp..,2000), hal 337
                                                                                                                                                   

5 mahmud ath-thahan , taysir....,hal 34.
6 Al-utsaimin, musthalah Al-hadsit,hal 59.

7 tahdzibu tahdzib, ibnu hajar, hal.2

8 Manhaj ahmad.’Amali Hambali,hal.1
9 Syadzratu dzahab, Ibnu ‘Ahmad Hambali,hal.1



10 minhaj naqdi ‘indal muhadisin, doctor muh. Mushthalafa A’dhami.hal 8

No comments:

Post a Comment